Selasa, 16 Juli 2013

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


Teknologi Informasi ( TI )

             

Untuk mengetahui pengertian teknologi informasi terlebih dahulu kita harus mengerti pengertian dari teknologi dan informasi itu sendiri. Berikut ini adalah pengertian dari teknologi dan informasi :

Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalah.

Informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian / penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya.

Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan menyebarkan informasi.

Perlunya dengan adanya teknologi informasi

a)   Meningkatnya kompleksitas dari tugas management.
b)   Pengaruh ekonomi internasional ( globalisasi ).
c)   Perlunya waktu tanggap ( response-time ) yang lebih cepat.
d)   Tekanan akibat dari persaingan bisnis.

Perangkat teknologi informasi dapat berupa :
  • Hardware ( perangkat keras ), yaitu komponen fisik yang di  gunakan untuk aktifitas input, proses, output dan penyimpanan pada suatu sistem komputer.
  • Software ( perangkat lunak ) , yaitu intruksi dalam bahasa ( formal ) pemrogaman, di susun oleh pemrogam untuk di   kerjakan oleh komputer.

Fungsi dari Teknologi Informasi adalah :


a)Menangkap ( capture ) : yaitu mengkomplikasikan catatan-catatan rinci dari aktifitas-aktifitas. Misalnya : menerima inputan dari keyboard.

b)Mengolah ( processing ) : yaitu mengolah / memproses data  masukan yang di terima untuk menjadi informasi.

c)Menghasilkan ( generating ) : yaitu menghasilkan / mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang berguna. Misalnya : laporan-laporan, grafik,dan gambar.

d)Menyimpan ( storage ) : yaitu merekam / menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat di gunakan untuk keperluan lainya.

e)Mencari kembali ( retrival ) : yaitu menelusuri, mendapat kembali informasi data   dan informasi yang sudah tersimpan. Misalnya : mencari jumlah penjualan bulan lalu.

f)Transmisi ( transmission ) : yaitu mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan komputer. Misalnya : pembelian tiket secara online.


Keuntungan dengan adanya Teknologi Informasi yaitu :
  • Kecepatan ( speed ) : yaitu komputer dapat mengerjakan sesuatu perhitungan yang kompleks dalam hitungan detik, sangat cepat, jauh lebih cepat dari manusia.
  • Konsistensi ( consistency ) : yaitu hasil pengolahan lebih konsisten ( tidak berubah-ubah ) karena format ( bentuknya ) sudah standar, walaupun berulang kali, sedangkan manusia sulit untuk melakukannya.
  • Ketepatan ( precision ) : yaitu komputer tidak hanya cepat, tetapi lebih akurat dan tepat ( presisi ).
  • Kehandalan ( rellability ) : yaitu apa yang di hasilkan dapat di percaya, di bandingkan dengan yang di lakukan oleh manusia.





Manfaat / keuntungan dengan adanya Teknologi Informasi :

a)   Dalam bidang akuntansi
  • Data dan informasi adalah “darah” dan fungsi akuntansi.
  • Sistem informasi menangkap, mengorganisasi, menganalisis dan mengolah data dan informasi melalui organisasi modern.
  • Sistem informasi akuntansi secara umum berintegrasi dengan sistem informasi lain dalam bagian-bagian lain dalam sebuah organisasi besar. Misalnya : informasi transaksi dari seorang sales / marketing menjadi input sistem akuntansi. 
b)   Dalam bidang finance
  • Dunia finance modern berubah dalam hal kecepatan, volume, dan akurasi aliran informasi.
  • Sistem informasi bisa memonitor dunia pasar financial, mendukung pengambilan keputusan financial, menyediakan analisis kuantitatis, dan mendukung fungsi-fungsi financial yang lainnya.
c)   Dalam bidang marketing 
  • Internet dan word wide web sudah membuka channel baru dalam bidang marketing dari bisnis ke bisnis, dan bisnis k konsumen.
  • Pengaruh teknologi informasi juga dapat meningkatkan jumlah informasi yang tersedia untuk konsumen.
d)   Dalam bidang produksi / management produksi
  • etiap proses adalah rantai produk / pelayanan yang bernilai bisa di tingkatkan dengan sistem informasi berbasis komputer yang sesuai.
  • Dalam bidang produksi ( manufaktur ), teknologi informasi dapat di terapkan dalam proses logistik, proses produksi dan penjualan produk.
e)   Dalam bidang management sumber daya manusia
  • Penerapan teknologi informasi membuat peningkatan terhadap informasi mengenai pengeloalaan sumber daya manusia.
  
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar