Selasa, 16 Juli 2013

HARDWARE dan SOFTWARE

Pengertian Hardware dan Software

Hardware ( perangkat keras ) yaitu sebuah alat / benda yang bisa kita lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu, yang secara fisik mempunyai wujud dan bentuk.

Perangkat hardware terdiri dari 3 jenis, yaitu :
  1. Perangkat masukan ( input device ), yang berfungsi untuk memasukan data, baik berupa teks, foto maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input misalnya : keyboard, mouse, light-pen, scanner dan sebagainya.
  2. Perangkat pengolah data ( processor ),  yang berfungsi untuk mengolah data. Pengolah data meliputi unit pengolah pusat ( CPU/central processing unit ) dan juga mikroprosesor.
  3. Perangkat keluaran ( output device ), yang berfungsi untuk menampung dan menghasilkan data yang di keluarkan. Misalnya : monitor, printer dan sebagainya.


Macam-macam perangkat keras ( hardware )
  • CPU ( central processing unit ), merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data. CPU berisi rangkain sirkuit yang menyimpan intruksi-intruksi pemrosesan dan penyimpanan data.

  • Monitor, merupakanalat yang mampu menampilkan teks, maupun gambar dari data yang sedang di proses dalam CPU.


  • Keyboard, merupakan alatuntuk memasukan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
  • Mouse, merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.

  • Printer, merupakan alat yang memproduksi pebgeluaran data ( output ) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar /grafik.

  • CD-ROM, merupakan alat tambahan ( alat peripheral ) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan progam melalui media CD ( compact disk ). Alat ini di design mampu menuliskan dan membaca data atau progam melalui sistem optik.

  • Compact Disk (CD), merupakan media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik. Penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.

  • Floopy Disk, merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum di gunakan adalah ukuran 3,5 inchi.
  • Harddisk, merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang di lapisi secara magnetis. Saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.

  • Scanner, merupakan alat bantu untuk memasukan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya dalam bentuk digital sehingga dapat di proses dan di gabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.

  • USB Flashdisk, merupakan tempat penyimpanan data yang paling di gemari karena kapasitasnya yang besar dan beragam, selain itu ukurannya yang kecil memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana, hadirnya flashdisk menggantikan floopy disk yang dulu sering di gunakan untuk menyimpan data yang portable. Kapasitas minimum flashdisk adalah 128 MB, sedangkan untuk kapasitas maksimumnya bissa mencapai 40 GB, lebih kecil bila di bandingkan dengan Harddisk eksternal yang kapasitasnya bisa mencapai 1 tera byte (1000 GB).
Sedangkan pengertian Software ( perangkat lunak ), adalah sekumpulan data elektronik yang di simpan dan di atur oleh komputer. Data elektronik yang di simpan oleh komputer itu dapat berupa progam atau intruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Software secara fisik tidak ada wujudnya, maka tidak bisa kita sentuh, tidak bisa kita pegang namun kita dapat menjalankannya dalam sebuah sistem operasi. 
Contoh Software ( perangkat lunak ) : Ms.Office, Sistem operasi ( Windows, Linuk, Mac, dll ), Correl draw, dan sebagainya.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar